|

Penting! Pakaian Berbahan Sutra Tetap Cantik Tahan Lama Dengan 10 Hal Ini

Kamu punya pakaian berbahan kain sutra? Pasti dari segi harga sangat mahal dan juga menawan jika dikenakan. Nah, agar awet tahan lama sebanding dengan harganya, kamu pun tidak boleh sembarangan dalam merawatnya lho! Untuk merawat pakaian berbahan sutra, diperlukan teknik khusus. Yuk simak tips agar kain sutra kamu tetap cantik dan tahan lama dibawah ini ya. Selamat mencoba!

 

Baca Juga :

1. Cuci secara manual

Pada saat membeli, perhatikan label perawatan, apabila ada tulisan “Dry Clean Only” itu berarti kamu harus mencuci pakaian sutra dengan membawanya ke tempat yang menyediakan jasa dry cleaning. Adapun solusi lainnya yaitu mencuci dengan tangan/manual. Jangan sekali-kali mencuci pakaian sutra kamu dengan mesin cuci. Rendam secara terpisah, jangan dicampur menjadi satu dengan pakaian lain. Pastikan tidak ada bagian yang terlipat saat merendam dalam air sabun, kucek perlahan bagian yang kotor, usap-usapkan buih secara merata ke seluruh bagian pakaian.

 

2. Gunakan sabun cair atau sampo
Sutra memiliki tekstur yang halus dan sensitif, sehingga harus hati-hati dalam mencucinya. Gunakan sabun pencuci pakaian untuk serat lembut dengan maksud tidak keras dan tidak mengandung banyak detergen, atau bisa juga diganti dengan sampo dan sabun mandi.

 

3. Cara menghilangkan noda pada bahan sutra
Sutra memiliki sifat anti debu dan noda, itulah kelebihan dari bahan tersebut. Namun apabila Kamu menemukan noda yang susah dihilangkan, caranya bisa kamu lakukan dengan memercikan cuka pada bagian noda dan gosok dengan jari secara lembut sampai noda menghilang, lalu cuci kembali dengan sabun/sampo.

 

4. Gunakan air hangat

Pakailah air hangat kuku yang kurang lebih 30 derajat celicius saat membilasnya, hal ini bertujuan agar pelapis sutra kamu bersinar kembali. Bilas dalam air bersih sebanyak 2-3 kali.

 

5. Jangan diperas

Setelah membilas sutra dengan bersih, sebaiknya jangan diperas secara langsung, namun dengan membiarkan air mengalir dari serat atas ke bawah, lalu gulung pakaian sutra tersebut dalam handuk kering dan bersih agar sisa air cucian terserap oleh handuk.

 

6. Jemur pada tempat berangin
Ketika menjemur pakaian sutra, cukup dengan cara digantung pada tempat yang berangin. Jauhkan dari jangkauan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari akan menyebabkan bahan sutra tersebut mudah memudar.



7. Setrika dengan suhu rendah

Jika sudah hampir kering , kamu bisa langsung menyetrika pakaian berbahan sutra tersebut. Jangan langsung menyetrika di bagian luar, setrikalah pada bagian dalam pakaian atau dibalik dengan menggunakan suhu rendah atau sedang. Bisa juga dengan cara menyetrika bagian luar pakaian namun dengan melapisinya dengan kain katun dan setrikalah dengan menggunakan panas minimum.

 

8. Saat penyimpan di lemari
Bahan sutra harus ektra hati-hati, tidak sembarangan saat menyimpannya di dalam lemari. Sarungi pakaian sutra kamu dengan baju berbahan katun kamu. Karena bahan katun berserat alami dan berpori sehingga memungkinkan kain sutra dapat bernafas. Atau gunakan pembungkus pakaian berbahan plastik khusus, namun pastikan dahulu bahwa pakaian sutra dalam keadaan benar-benar kering atau tidak kering lembap, ini untuk menghindari jamur.

 

9. Gunakan kamper atau akar wangi

Simpanlah bahan kain atau pakaian sutera kamu di tempat yang kering dan tidak lembap. Gunakan kamper anti serangga atau akar wangi untuk mengusir ngengat pada lemari pakaian.

 

10. Hindari menyemprotkan parfum

Sebaiknya tidak menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain sutra Kamu, terutama batik sutera dengan pewarna alami. Kandungan bahan kimia dan alkohol yang terdapat pada parfum akan merusak warna.

 

(Source : sharedisana.com)

Share :
Baca Juga

4 Manfaat Gunakan Piyama Saat Tidur

Menebak Kepribadian berdasarkan Bunga Favorit

Bercanda dengan Sahabat Bisa Tingkatkan Imunitas?

Manfaat Merangkai Bunga bagi Tubuh

Copyright © 2018 All Right Reserved
Lupa password ? klik disini
Nama Lengkap
Email
Password
Alamat Lengkap
Tempat, Tgl Lahir
I agree with term and conditions
Sudah punya akun, login disini
Sudah punya akun, login disini
Upload Foto
Upload Foto
Upload Struk
*) Max 230 Karakter, Sisa 230 Karakter