|

Cara Merawat Bahan Velvet

 

Sudah tahukah kamu bahan Velvet? Bahan ini merupapak bahan yang unik lho! Dibandingkan dengan kain biasa seperti katun ataupun bahan kaos, kain velvet memiliki bulu yang terasa lembut dan halus. Karakteristik ini menjadikan bahan velvet lebih elegan dan terkesan mewah.

Baca Juga :

Kain velvet ini pun memiliki beberapa karakteristik khusus yang perlu kamu ketahui, seperti:

  • Memiliki tekstur lembut dan berbulu
  • Merupakan jenis kain yang tahan lama
  • Beludru sutra (silk velvet) cenderung lebih lembut dan ringan dibandingkan dengan sintetis velvet (terbuat dari rayon dan asetat) yang lebih kaku
  • Permukaan kain ini cenderung terlihat berkilau

Selain agak riskan saat dikenakan untuk pakaian, memang bahan velvet ini juga sedikit tricky dalam hal pencuciannya. Itulah mengapa bahan velvet tidak boleh asal saat dicuci seperti bahan garmen pada umumnya. Kemudian, dengan metode apa saja bahan velvet ini bisa dicuci? Yuk lihat caranya berikut ini  

1. Dry clean

Velvet disebutkan sebagai salah satu material bahan pakaian yang amannya dicuci dengan metode dry clean. Petunjuk cara mencuci biasanya tergantung dari tipe velvet itu sendiri. Jika bahan velvet yang kamu miliki adalah jenis pure velvet yang mahal, sebaiknya pilih metode aman seperti dry clean.

2. Mesin cuci

Ada jenis bahan velvet pada dasarnya bisa juga dibersihkan dengan cara dicuci menggunakan bantuan mesin cuci otomatis. Misalnya seperti crushed velvet dan polyester-blend.

Namun memang sebaiknya dicek dahulu pada label pakaian, apakah pakaian velvet tersebut bisa masuk mesin cuci atau tidak. Mengingat pakaian velvet biasanya stretchy, disarankan untuk tidak menggunakan air panas untuk mencucinya agar busana velvet tersebut tidak menjadi kusut dan keriput.

2. Menghilangkan noda

Jika ingin sekedar menghilangkan sedikit titik noda, cara alami dengan mengusapkan campuran air perasan lemon dengan baking soda bisa dipilih sebagai cara alternatif tanpa harus mencuci pakaian velvet secara keseluruhan. Pastikan dulu, untuk melakukan uji coba di bagian kecil bahan velvet terlebih dahulu.

3. Tidak Perlu Disetrika

Jika biasanya baju perlu disetrika untuk menghilangkan kusut, maka baju bahan velvet ini enggak  perlu kamu setrika. Panas dari setrika bisa merusak permukaan kain dan meninggalkan bekas. Untuk menghilangkan kusut dan lecek pada kain velvet, kamu bisa membalik baju dan menggunakan steamer.

4. Simpan Dengan Cara Digantung

Jangan kamu coba-coba melipat baju bahan velvet ya! Kain velvet yang ditumpuk dan dilipat bisa merusak dan membuat bulu pada permukaannya menjadi rata. Simpan baju velvetmu dengan cara digantung di dalam lemari adalah pilihan yang lebih baik. Selamat Mencoba dirumah ya!

Share :
Baca Juga

Series dan Film Netflix yang Menginspirasi Outfit Kamu

Ketahui Karaktermu dari Wewangian Favorit

5 Olahraga Ringan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips Cuci Baju Anti LecekĀ 

Copyright © 2018 All Right Reserved
Lupa password ? klik disini
Nama Lengkap
Email
Password
Alamat Lengkap
Tempat, Tgl Lahir
I agree with term and conditions
Sudah punya akun, login disini
Sudah punya akun, login disini
Upload Foto
Upload Foto
Upload Struk
*) Max 230 Karakter, Sisa 230 Karakter