|

Wajib Diketahui! 10 Aroma ini Bikin Mood booster dan Kreatif

Banyak  orang-orang bilang “bahagia itu sederhana”. Saking sederhananya, sumber kebahagiaan itu bahkan bisa di dapatkan oleh indra penciuman kamu, lho! Nah, apakah kamu memiliki bebauan khusus yang sangat disukai?

Selain selera rasa, kita memang memiliki kecenderungan berbeda juga terhadap bau. Ada yang normal-normal saja dengan menyukai wangi parfum, bunga, atau makanan. Ada pula yang membuat kita kebingungan lantaran ada orang yang menyukai bau bensin, keringat orang-orang tertentu, atau juga bau gosong yang berasal dari sesuatu. Uniknya, memang ada bebauan khusus yang dinilai secara ilmiah bisa memicu kebahagiaan. Klaim itu bahkan berdasarkan studi khusus. Nah, aroma apa saja yang dimaksud? Yuk simak di bawah ini :

Baca Juga :

  1. Wangi Tanah Setelah Hujan

Pernah mendengar kata ‘petrichor’ atau petrikor? Kata yang berasal dari Bahasa Yunani ini memiliki arti bau atau aroma yang dihasilkan saat hujan turun di tanah kering. Aromanya sendiri bisa muncul dari minyak yang dihasilkan oleh tumbuhan tertentu, yang kemudian terserap oleh tanah serta bebatuan. Ketika hujan dating. Orang yang menciumnya pun kerap seperti terbawa ke masa-masa tertentu, yang biasanya menjadi momen tak terlupakan. Kamu seperti dalam perasaan dibelai dan terbuai.

  1. Kopi yang Baru Digiling

Aroma kopi memang begitu khas, apalagi kalau biji kopinya memang berkualitas. Harumnya tentu begitu semerbak, dan membuat indera penciuman kita pun pasti langsung siaga. Ya, sensasi aroma kopi membuat kita lebih terjaga, tetapi juga menenangkan.

  1. Sitrus/ Jeruk

Aroma lemon, jeruk, citrus atau yang sejenisnya dapat membuat hari-hari terasa cerah. Rasa tenang sekaligus menyegarkan yang diberikan dapat mengurangi kecemasan, lesu dan membantu kita lebih cool apabila sedang jengkel atau marah. Esential oil dari bahan jeruk memiliki manfaat anti-viral, anti-bacterial dan dapat membantu kita yang sedang mengalami flu dan gejalanya.

  1. Bedak Bayi

Baby powder atau bedak bayi bisa mengeluarkan aroma harum sekaligus memori masa kanak- kanak. Kita jadi ingat masa-masa yang sangat hangat, aman, nyaman, dan tanpa beban ketika kecil. Semua rasa itu menjalar dan mengundang sensasi bahagia tersendiri.

  1. Aroma Lavender

Aroma lavender merupakan aroma yang kuat dan ampuh untuk membuat kita jadi relax, mengurangi rasa grogi dan rasa tertekan. Aroma lavender juga sangat cocok untuk orang yang memiliki migrain. Lho!

  1. Rumput Segar

Ilmuwan di Australia menyimpulkan kalau aroma dari rumput segar yang baru dipotong itu bisa memberi dampak keren. Selain merasa santai dan kalem, penciumnya juga bisa mendadak segar serta baikan. Karena itulah, bau ini juga kerap dimasukkan dalam aroma spray-on atau yang disemprot.

7. Aroma Jasmine 

Aroma Melati (Jasmine) terbukti efektif menangkal dampak buruk depresi. Selain mengatasi depresi, mood pun akan semakin baik bila kamu menghirup aroma Jasmine. Si bunga mungil yang satu ini juga efektif untuk meningkatkan kewaspadaan. Dijamin kamu bakal semangat dan posistif lagi bila menikmati aroma jasmine yang istimewa. Bau melati bisa menjadi mood-booster tersendiri. Sementara yang lavender memang memiliki dampak menenangkan, mengurangi depresi, serta mengurangi gangguan insomnia.

  1. Rosmarin/ Rosemary

Tumbuhan yang menjadi rempah-rempah serta bumbu masak ini memang dikenal sebagai penambah aroma. Tetapi selain menjadi sumber wangi yang memikat, rosmarin juga bisa meningkatkan kekuatan otak. Studi membuktikan kalau partisipannya bisa mengingat dan hafal betul aneka kejadian yang kompleks. Sebagian ilmuwan bahkan menyatakan kalau rosmarin bisa menjadi opsi dalam penanganan hilang ingatan.

  1. Peppermint/ Daun Mint

Ukurannya boleh kecil, namun ia menyimpan keajaiban di dalam minyak daunnya. Aroma yang menguar dari dalamnya bisa merangsang tubuh dan pikiran, serta menyulap bad mood jadi good mood Sebuah studi sempat dilakukan terhadap beberapa atlet. Singkatnya, atlit yang menghirup aroma peppermint menunjukkan pernapasan dan performa atletik yang lebih baik.

  1. Vanili dan Cokelat

Keduanya memiliki fans yang cukup banyak. Kita dibikin jatuh hati sama aroma sekaligus cita rasanya. Kalau melihat atau mencium cokelat, rasanya kita ingin segera memasukkannya ke dalam mulut dan merasakan sensasi nikmatnya ketika lumer di lidah.

Ketika kamu menghirup aroma-aroma yang bikin bahagia, biasanya kita akan tanpa sadar tersenyum dan suasana hati juga serasa damai dan membaik dengan sendirinya. Selamat mencoba!

 

 

Share :
Baca Juga

Panduan Cerdas Memilih Outfit saat Musim Hujan

5 Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Wangi Tanpa Parfum

Tips Merawat Mesin Cuci

Tips Cuci Baju Anti LecekĀ 

Copyright © 2018 All Right Reserved
Lupa password ? klik disini
Nama Lengkap
Email
Password
Alamat Lengkap
Tempat, Tgl Lahir
I agree with term and conditions
Sudah punya akun, login disini
Sudah punya akun, login disini
Upload Foto
Upload Foto
Upload Struk
*) Max 230 Karakter, Sisa 230 Karakter