|

Merawat Lemari dari Jamur

Pernahkah kamu mengalami pakaian apek setelah lama dianggurin didalam lemari? Pakaian apek kadang menjadi hal yang membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Ternyata salah satu penyebab bau apek pada pakaian karena jamur yang tumbuh di lemari pakaian kamu lho, Genks! Jamur tumbuh biasanya pada lemari pakaian kayu. Kok bisa? Karena lemari yang kotor dan lembab membuat lemari lebih rentan ditumbuhi oleh jamur.

Tapi ngga usah khawatir, Genks! Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa hal berikut ini :

Baca Juga :

1. Jauhkan lemari dari tembok/dinding

Terkadang sebagian orang masih sering melakukan kesalahan mendasar bahwa menyimpan lemari dengan posisi menempel di dinding akan membuat lemari kayu jadi mudah lembab dan berjamur. Sebaiknya, jauhkan lemari dari dinding dan beri jarak setidaknya 10 cm dari dinding. Hal ini bertujuan supaya lemari jadi awet dan tidak lembap serta berjamur.

2. Lapisi lemari dengan cat finishing

Selain dengan menjauhkan lemari dari dinding, melapisi lemari dengan cat finishing juga perlu, karena cat finishing pada kayu berfungsi selain untuk memperindah juga untuk melindungi kayu dari serangan hama dan perubahan cuaca, Genks! Karena kayu merupakan material yang mudah lapuk jika terkena udara yang lembap. Udara yang lembap tersebut mudah diserap melalui pori pori kayu, dan membuat lapisan kayu keropos hingga berjamur. Lapisi lemari dengan cat finishing permukaan kayu seperti polyture, atau cat yang sejenis lainnya ya, Genks!

3. Jangan alasi lemari dengan kertas

Mengalasi lemari kayu menggunakan kertas justru menambah pertumbuhan jamur lho! Hal itu terjadi lantaran kertas bisa jadi sumber makanan bagi hama lemari seperti kecoa dan serangga lainnya. Jangan lagi menggunakan kertas untuk mengalasi lemari pakaian kamu ya!

4. Simpan kapur barus dalam lemari

Selain untuk mengharumkan bagian dalam lemari, kapur barus juga bisa menjadi solusi ampuh untuk mengusir serangga pada lemari kayu. bisa juga digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur pada lemari pakaian kamu, Genks! Untuk lemari pakaian, sebaiknya gunakan kapur barus yang dilapisi dengan kemasan. Selain mudah didapat, harga kapur barus juga lebih ekonomis kan, Genks?

5. Bersihkan lemari secara berkala

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lemari pakaian kamu ya! Setidaknya bersihkan lemari pakaian kamu sebulan sekali. Untuk membersihkan lemari pakaian kamu bisa menggunakan kain kering, lalu dilap pada bagian dalam lemari kamu. Jika membersihkan dengan kain basah, pastikan lemari pakaian kamu sudah benar-benar kering sebelum menutup pintu lemari.

Itulah, beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah lemari kamu berjamur yang juga dapat menyebabkan bau apek pada pakaian. Nah, ada satu tips lagi nih, yaitu pastikan kamu menggunakan So Klin Pewangi setelah mencuci pakaian kamu. Dengan begitu pun, nggak perlu khawatir bau apek lagi, deh!

Share :
Baca Juga

Mau Awet? Perhatikan Cara Merawat Kain Beludru yang Baik dan Benar

Kenapa Wanita Mandiri Lebih Disukai Cowok?

Jangan Salah, Ini Bedanya Posesif dan Protektif

Makan Sehat Saat Idul Adha? Ikuti Tips Ini!

Copyright © 2018 All Right Reserved
Lupa password ? klik disini
Nama Lengkap
Email
Password
Alamat Lengkap
Tempat, Tgl Lahir
I agree with term and conditions
Sudah punya akun, login disini
Sudah punya akun, login disini
Upload Foto
Upload Foto
Upload Struk
*) Max 230 Karakter, Sisa 230 Karakter