|

DIY Masker Kain

Mewabahnya virus corona di Indonesia saat ini menuntut kita semua untuk selalu waspada. Salah satu bentuknya adalah dengan menggunakan masker jika memang harus keluar rumah. Menggunakan masker jika berkegiatan di luar rumah juga salah satu rekomendasi cara melindungi diri dari penularan virus corona yang disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, masker seperti apa sih yang sebaiknya digunakan? Ternyata pemerintah sudah menghimbau kepada seluruh masyarakatnya untuk tidak lagi menggunakan masker medis, lho, Genks! Hal tersebut dikarenakan langkanya persediaan masker medis, selain itu juga petugas medis serta tenaga kesehatan lainnya lebih membutuhkan masker tersebut. Meskipun masker kain tidak seefektif masker bedah atau respirator N95, namun  mayoritas ahli mengatakan bahwa lebih baik menggunakan masker wajah buatan sendiri dibandingkan tidak sama sekali dalam hal mencegah penyebaran virus corona.

Nah, ada baiknya kamu lebih memilih menggunakan masker kain, ya! Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah, lho! Bahan dan alat yang diperlukan adalah kain, pita elastis atau dua ikatan rambut, gunting, serta alat jahit. Yuk simak step by stepnya dibawah ini:

Baca Juga :

1. Pemilihan kain

Langkah pertama yang harus kamu siapkan adalah memilih kain yang tepat. Kamu bisa memilih kain yang tebal. Atau jika tidak menemukan kain yang cukup tebal kamu bisa menggunakan 2 hingga 3 lapis kain. Karena ketebalan kain sangat menentukan keefektifannya dalam menyaring kotoran. Kamu bisa menggunakan kain katun yang dibuat dalam 2 atau 3 lapis. Berbeda dengan masker medis, masker kain bisa kamu gunakan berkali-kali dengan mencucinya. Jadi, sebaiknya memilih kain yang tidak mudah mengerut saat dicuci.  Namun, Genks! Tidak disarankan untuk menggunakan kain wol atau kain yang bertekstur kasar karena dapat menyebabkan alergi hingga iritasi kulit.

2. Pemotongan Kain

Nah, untuk lanjut ke tahap selanjutnya, pastikan kamu sudah mencuci kainnya terlebih dahulu dan membersihkan tangan kamu dengan sabun. Bahkan, menurut peneliti kain yang akan digunakan untuk membuat masker, direbus terlebih dahulu selama 10 menit. Hal tersebut dilakukan untuk mensterilkan kainnya.

Jika diperlukan, kamu juga bisa menggunakan masker kain saat proses pembuatannya. Hal ini dilakukan untuk melindungi masker kain yang kamu buat dari percikan batuk atau hembusan nafas kamu. Kamu bisa membuat pola persegi panjang dengan ukuran 12x6 cm atau 11x5 cm. Lalu buat pola tersebut dalam beberapa kain, sehingga kamu bisa membuat lebih dari satu masker. Dan gunting sesuai dengan pola.

3. Jahit Kain

Langkah selanjutnya adalah jahit 3 potongan kain menjadi satu. Pastikan kamu menjahit dengan lekukan kain seperti yang terlihat di gambar. Hal ini dilakukan agar penyaringan partikel kotoran semakin efektif. Pada ujung kain bagian kanan dan kirinya dilipat dan selipkan pita elastis atau ikatan rambut, lalu dijahit kembali. Dalam menjahit kain elastis untuk pengaitnya pastikan kamu menjahitnya beberapa kali, karena karet elastis akan menarik di titik-titik tersebut. Sehingga jahitannya haruslah kuat.

Setelah melakukan tahapan-tahapan di atas masker kain kamu pun siap untuk digunakan! Namun, sebelum digunakan, sebaiknya kamu mencucinya kembali agar tetap higenis, Genks!

 

Gimana? Mudah kan? Yuk bersama kita lawan covid-19 dengan selalu waspada namun tidak panik, ya!

 

 

 

Share :
Baca Juga

5 Inspirasi Fashion untuk Kamu yang Bertubuh Tinggi

Jenis Bahan Pakaian Anti Gerah

Manfaat Lain Pewangi Pakaian yang Wajib Kamu Ketahui!

Putus Cinta di Masa Pandemi? Jangan Patah Semangat Ya!

Copyright © 2018 All Right Reserved
Lupa password ? klik disini
Nama Lengkap
Email
Password
Alamat Lengkap
Tempat, Tgl Lahir
I agree with term and conditions
Sudah punya akun, login disini
Sudah punya akun, login disini
Upload Foto
Upload Foto
Upload Struk
*) Max 230 Karakter, Sisa 230 Karakter