|

Meredakan Overthinking di Pandemi Corona

Di tengah pandemi corona saat ini himbauan hidup sehat dan bersih guna menjaga kesehatan tubuh sangat lah penting. Karena dengan kesehatan tubuh yang baik, artinya kamu juga memiliki daya tahan atau sistem imun yang baik untuk menangkal virus pada tubuh kamu. Namun, Genks! Tak hanya kesehatan tubuh yang harus kamu jaga, kesehatan mental juga tak kalah penting. Saat ini, hampir setiap hari kita disuguhi berita yang menyeramkan terkait corona virus yang bisa membuat kecemasan yang berlebih. Terlebih dengan terbatasnya aktifitas yang hanya boleh dilakukan di rumah saja dapat membuat sebagian orang stress yang akhirnya membuat daya tahan tubuhnya justru menurun.

Menurut Praktisi Emotional Healing dan Mindfulness Adjie Santosoputro, overthinking salah satu aspeknya adalah rasa khawatir dan cemas. Aspek lainnya terkait kesedihan, ketakutan, peristiwa kehilangan, dan kegagalan. Dan seringkali kita semua mengabaikan masalah kesehatan yang satu ini, yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan mental yang lebih serius. Overthinking jika tidak diatas dapat berdampak pada tingkat kebahagiaan, kesehatan fisik hingga produktifitas dalam bekerja. Lalu gimana sih caranya memulihkan overthinking pada diri kita? Berikut tips yang bisa kamu lakukan, Genks!

Baca Juga :

1. Pola Hidup Sehat

Yap, yang pertama tetaplah menjaga kesehatan. Meskipun di rumah saja, pastikan kamu tetap menjaga kesehatan kamu dengan pola hidup sehat dan bersih. Seperti dengan makan makanan yang bergizi seimbang, rutin olahraga, minum air dan istirahat yang cukup. Tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatan tubuh juga akan berpengaruh terhadap kesehatan mental kamu. Jika memang kondisi mengharuskan kerja keluar rumah, maka kita perlu disiplin physical distancing atau jaga jarak fisik minimal satu meter dan menjauhi kerumunan.

2. Melatih Pikiran

Pada dasarnya kita semua pasti selalu mengantisipasi masa depan dengan mengambil hikmah di masa lalu. Maka yang perlu diperhatikan adalah melatih perhatian kita atau to be present. Berpikir itu diperlukan sebab kita perlu mengantisipasi masa depan dan mengambil pelajaran dari masa lalu. Namun, di kondisi saat ini ada baiknya kita mengerem pikiran kita agar tidak berlebihan. Jadi, kalau 24 jam dalam sehari tidak akan habis memikirkan masa depan dan masa lalu. Perlu diselingi juga dengan berpikir dan berada di masa kini.

3. Menerima Perasaan

Hal ini juga sangat diperlukan. Saat merasakan fikiran yang tidak karuan, kebanyakan dari kita justru sebisa mungkin melakukan berbagai cara untuk menolaknya. Nah, saat ini cobalah untuk menerima kondisi yang kita alami dan menerima semua perasaan yang saat ini kita rasakan. Menurut Praktisi Emotional Healing dan Mindfulness, saat kamu memang tidak bisa tersenyum atau tertawa, tidak perlu dipaksakan. Terima perasaan yang saat ini sedang kamu rasakan. Kamu bisa melatihnya dengan melakukan meditasi untuk meredakan overthinking.

4. Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan memang terdengar cukup sepele. Namun, trik ini terbukti untuk meredakan diri kamu yang sedang nervous jika kamu ingin memulai sebuah presentasi. Betul kan? Nah ternyata hal ini juga bisa mengatasi overthinking. Kamu bisa melakukannya di pagi hari, saat udara masih segar dan bersih. Lakukan dengan cara menarik napas lalu hembuskan dengan perlahan. Nikmati proses ini selama kurang lebih 2 hingga 5 menit dengan pola yang sama.

Nah, itulah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk meredakan overthinking. Ingat, kesehatan mental juga penting ya, Genks!

Share :
Baca Juga

Fashion Hack yang Wajib diketahui Wanita

Ingin Wangi All Day Long? Penting Untuk Hindari 4 Mitos Ini!

Yuk, Redakan Stres Setelah Seharian Bekerja dengan Cara Ini

Anti Aging Alami dengan Air Dingin

Copyright © 2018 All Right Reserved
Lupa password ? klik disini
Nama Lengkap
Email
Password
Alamat Lengkap
Tempat, Tgl Lahir
I agree with term and conditions
Sudah punya akun, login disini
Sudah punya akun, login disini
Upload Foto
Upload Foto
Upload Struk
*) Max 230 Karakter, Sisa 230 Karakter