|

Cegah Kantong Jebol Belanja Online Saat Di Rumah Aja

Momen di rumah aja membuat kebanyakan orang mencari berbagai cara untuk menyenangkan diri sendiri. Untuk kebanyakan wanita shopping menjadi salah satu stress healing mereka. Nah, momen di rumah aja biasanya kebanyakan dari kita akan lebih sering scrolling berbagai e-commerce maupun online shop.  Terlebih, jika ditawarkan promo ataupun diskon, seolah-olah kamu harus membelinya saat itu juga. Apalagi kalau produk tersebut lagi tren. Yang pada akhirnya malah bikin kantong jebol. Hih.. jangan sampai ya, Genks!

Menurut psikolog, keinginan para milenial untuk menghabiskan waktu dengan belanja online juga dipengaruhi oleh karakter para milenial yang ingin serba cepat dan instan. Apalagi, biasanya kaum milenial lebih rentan terpapar berbagai arus informasi dan pada akhirnya membuat keputusan membeli suatu barang hanya untuk mengikuti tren. Sekarang ini pun, selebgram atau influencer sangat mempengaruhi pola pikir para milenial. Sehingga, kebanyakan dari mereka akan ikut terbawa arus jika idolanya sedang membeli suatu barang. Meskipun sebenarnya, kita tau bahwa mereka hanya mempromosikannya. Hadeh.. hadeh…

Baca Juga :

Lalu, berdampak dengan munculnya mental short cut pada diri seseorang. Mental short cut adalah kondisi tiap kali kamu mengambil keputusan udah bukan berdasarkan alasan rasional, melainkan hanya berdasarkan informasi dari public figur yang dirasa penting. Padahal sebenarnya kalau difikir-fikir berdasarkan kebutuhan, kamu mungkin tidak membutuhkan barang tersebut, Genks! Hayo.. yang masih suka beli suatu barang dengan memutuskannya secepat mungkin coba kamu fikir ulang, apa memang barang tersebut kamu butuhkan, atau hanya sekedar keinginan aja? Enaknya kita bahas aja yuk, gimana sih tips yang cukup ampuh untuk mencegah kantong jebol akibat belanja online di masa pandemi ini!

1. Kebutuhan Vs keinginan?

Terkadangan dalam membeli suatu barang, kita tidak cukup menimbang-nimbang apakah barang tersebut memang kita butuhkan, atau hanya sebatas keinginan saja. Misal, saat kamu merasa ingin membeli, sangat disarankan nggak langsung membelinya terlebih dahulu. Melainkan, siapkan waktu sejenak untuk berfikir, dan melihat berbagai barang yang ada di kamar kamu. Jangan-jangan sebenarnya kamu udah punya barang sejenis, tapi cuma karena tampilannya lebih lucu membuat kamu ingin membelinya. Nah, kalau udah seperti itu baiknya buang jauh-jauh perasaan ingin membeli. Karena cuma bakalan bikin, kantong kamu jebol aja.

2. Jauhkan gadget

Apa hubungannya shopping sama gadget? Berhubungan banget lho ternyata, Genks! Semakin sering kamu memegang gadget biasanya kamu akan lebih sering juga terpapar berbagai informasi. Yang pada akhirnya, kita akan dibuat ter-distract dalam membuat suatu keputusan. Misalnya saja, di Instagram yang sekarang ini sudah banyak bermunculan iklan-iklan. Hal-hal semacam itu juga bisa sangat terpengaruh. Satu kali atau dua kali melihat orang melakukan review video makanan, pastinya kita akan semakin terbawa untuk ikutan membelinya juga.

3. Pisahkan uang untuk shopping online

Ini dia tips terakhir dari mimin, yaitu pisahkan budget untuk shopping online. Saat kamu udah mengatur dari awal budget untuk belanja online misalnya untuk sebulan, pastinya kamu juga akan memilah-milah produk yang ingin kamu beli. Hal ini juga akan meminimalisir jebolnya kantong kamu akibat belanja produk-produk yang tidak terlalu dibutuhkan. Tapi sebisa mungkin jangan ada pengeluaran belanja tambahan ya, Genks!

Gimana, banyak yang merasa belanjanya berlebihan nggak? Kalau memang iya, yuk mulai besok kita terapkan tiga point di atas biar kantong nggak jebol tapi hati tetap senang!

 

 

 

 

 

Share :
Baca Juga

Tidak Hanya Makanan, Ini Minuman yang Perlu Dihindari saat Diet

Makin Dewasa Seorang Cewek, Semakin Sederhana Style-nya, Benarkah?

Begini Cara Mencuci Masker Kain yang Tepat

Tips Cuci Baju Anti LecekĀ 

Copyright © 2018 All Right Reserved
Lupa password ? klik disini
Nama Lengkap
Email
Password
Alamat Lengkap
Tempat, Tgl Lahir
I agree with term and conditions
Sudah punya akun, login disini
Sudah punya akun, login disini
Upload Foto
Upload Foto
Upload Struk
*) Max 230 Karakter, Sisa 230 Karakter