|

Tutorial Tie-Dye Kaos!

Genks pasti udah nggak asing sama teknik yang satu ini! Dengan teknik ini kaos lama kamu yang udah nggak pernah terpakai bisa jadi makin kece dan stylish, lho Genks! Yap, Tie Dye kaos! Jika kamu melakukannya dengan tepat kamu bisa membuat kaos lama kamu menjadi lebih menarik dengan warna-warna cerah dan motif unik dengan teknik tie dye. Selain itu, pola dan cara pembuatannya yang khas sangat menarik perhatian karena bisa bikin outfit kamu menjadi lebih artsy.

Sebenarnya teknik tie dye ini sudah ada dari lama, lho! Tie dye merupakan proses pewarnaan dengan teknik ikat celup yang dilakukan dengan menggunakan pewarna khusus. Sekarang ini, dengan banyaknya waktu yang kita miliki di rumah, membuat sebagian orang mengobrak-abrik pakaian lamanya dan membuatnya menjadi terlihat baru, dengan pilihan warna yang colourfull. Kamu pun bisa membuat tie dye ala kamu sendiri di rumah, dan pastinya dengan pola yang kamu inginkan lho, Genks! Teknik ini cukup simple, bahkan alat dan bahannya bisa kamu peroleh di toko-toko sekitar rumah kamu.

Baca Juga :

So this, is it Genks! Tutorial tie dye anti gagal, check!

1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama pastinya menyiapkan alat-alat dan bahan yang kamu perlukan. Alat dan bahannya antara lain kaos putih polos, pewarna khusus pakaian, karet gelang atau tali, larutan pengawet sederhana dan kantong plastik.

Untuk kaosnya, pastikan kaos yang kamu gunakan untuk dilakukan tie dye adalah kaos polos yang berbahan kain katun 100%. Atau kamu bisa juga menggunakan kaos dengan campuran bahan 50% kain katun dan 50% kain polyester. Tipsnya adalah hindari menggunakan kaos yang berbahan 100% kain polyester, karena warna warna tie dye biasanya tidak akan menempel dengan sempurna serta lebih mudah luntur. Warna dye hanya dapat melekat dengan baik pada kain berbahan alami seperti katun, rayon, atau sutera. Selain itu, jika kamu menggunakan kaos baru pastikan kamu sudah mencucinya terlebih dahulu hinga bersih sebelum diwarnai ya, Genks!

Pengawet sederhana juga sangat kamu perlukan untuk menghasilkan warna yang lebih baik pada tie dye kamu. Larutan pengawet tersebut adalah campuran 250 ml soda abu dengan 4 liter air hangat, lalu siapkan di dalam ember. Siapkan juga sarung tangan, untuk melindungi tangan kamu saat proses pewarnaan dan pencelupan ke larutan pengawet.

2. Bentuk Motif Spiral

Setelah menyiapkan bahan dan alatnya, langkah selanjutnya tinggal action aja deh, Genks! Disini motif tie dye yang bisa kamu bikin adalah motif spiral. Pertama, kamu bentangkan dahulu kaos yang akan kamu warna di atas permukaan yang rata. Lalu, cubit bagian tengah kaos, dan digulung hingga membentuk spiral. Dilakukannya dengan perlahan ya, Genks! Sehingga motif spiral yang kamu dapatkan pun bisa terlihat rata.

Gunakan karet yang sudah kamu siapkan tadi. Karet atau tali ini berfungsi untuk mengikat kaos agar mudah untuk diwarnai dan menghindari bercampurnya warna. Kamu bisa menggunakan 4-5 karet gelang untuk mengikat gulungan dengan saling berlawanan arah, hingga menjadi 8-10 bagian.

3. Proses Pewarnaan

Sebelum masuk ke proses ini, kamu bisa merendam pakaian kamu terlebih dahulu dengan dengan larutan pengawet selama 30 menit. Ini dilakukan agar warna tie dye kamu menjadi lebih tahan lama. Terus masuk deh ke dalam proses membuat kaos kamu menjadi lebih colourfull. Pewarna pakaiannya bisa kamu dapatkan di toko-toko tekstil. Biasanya warna yang akan kamu dapatkan adalah warna dasar yaitu merah, kuning dan biru. Jika kamu menginginkan warna tertentu, seperti ungu misalnya, kamu tinggal mencampurkan saja ketiga warna tersebut. Jika pewarna yang kamu beli berbentuk bubuk, larutkan terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Namun, ada juga yang menjual pewarna siap pakai di dalam botol yang bisa langsung kamu gunakan.

Teteskan satu warna pada setiap bagian kaos. Lalu, masukkan ke dalam kantong plastik atau zip lock selama 8 hingga 24 jam. Hal ini dilakukan untuk membuat penyerapan warna pada pakaian kamu lebih maksimal.

4. Bilas dan Jemur

Langkah terakhir adalah keluarkan kaos yang kamu simpan di dalam kantong plastik tadi. Lalu bilas menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa pewarna yang masih menempel. Setelah itu, jemur seperti biasa hingga kering. Dan… kaos super artsy kamu siap dipakai deh!

Itu dia Genks, tutorial tie dye kaos anti gagal-gagal club! Dan yang nggak kalah penting juga rendam kaos tie dye kamu setelah mencuci dengan So Klin Pewangi, agar nggak cuma artsy tapi juga wangi dong!

Share :
Baca Juga

Mencium Aromaterapi Membuat Orang Merasa Lebih Baik?

Shopping Baju Aman di Mall Saat New Normal

5 Kulit Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Menebak Kepribadian berdasarkan Bunga Favorit

Copyright © 2018 All Right Reserved
Lupa password ? klik disini
Nama Lengkap
Email
Password
Alamat Lengkap
Tempat, Tgl Lahir
I agree with term and conditions
Sudah punya akun, login disini
Sudah punya akun, login disini
Upload Foto
Upload Foto
Upload Struk
*) Max 230 Karakter, Sisa 230 Karakter