|

Manfaat Break Media Sosial untuk Tubuh

Di jaman yang serba canggih ini rasanya hampir 24 jam kita berhadapan dengan gadget. Dari sana lah biasanya kita bisa mendapatkan hiburan secara online mulai dari nonton youtube hingga berbagai platform media sosial. Tapi, banyak nggak sih diantara Genks yang merasa menghabiskan terlalu banyak waktu pada media sosial. Meskipun media sosial dapat diajadikan sumber hiburan bagi kamu, ternyata menghabiskan banyak waktu dengan membuka media sosial bisa berdampak pada tubuh maupun kesehatan mental kamu, lho!

Pada akhirnya banyak beberapa orang yang memilih untuk break sementara dari media sosial. Keputusan tersebut biasanya mereka ambil karena sudah mengalami beberapa keadaan yang membuat dirinya menjadi nggak nyaman. Fakta juga membuktikan bahwa beristirahat sejenak dari media sosial memiliki manfaatnya tersendiri bagi kesehatan mental dan tubuh kamu! Mau tau apa aja? Yuk, simak!

Baca Juga :

1. Memiliki jam tidur yang lebih berkualitas

Saat kamu membuka media sosial selama beberapa jam melalui ponsel kamu, mengakibatkan kamu terpapar cahaya yang cukup lama dari ponsel tersebut yang bisa berdampak pada kesehatan kamu. Karena hal tersebut bisa mengganggu produksi hormon melatonin pada tubuh kamu. Hormon melatonin ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk membantu tidur kamu. So, nggak heran jika kamu melakukan break sementara pada media sosial, ini akhirnya bisa membuat tidur kamu lebih nyenyak dan lebih berkualitas pastinya!

2. Membuat kamu lebih rileks

Masa sih, beristirahat sejenak dari media sosial bisa membuat kita lebih rileks? Yap, ada penelitian yang menyebutkan bahwa penggunaan media sosial ternyata sangat berkaitan dengan rasa kesepian dan depresi. Ini bisa terjadi pada beberapa orang yang memandang media sosial sebagai tolak ukur pada kebahagiaannya. Saat dia melihat beberapa temannya sudah sukses dan sangat menikmati hidupnya, terkadang membuatnya membandingan dengan dirinya sendiri. Hal tersebut bisa memicu rasa stress maupun depresi pada dirinya, lho! Untuk itu break sejenak dari kehidupan di media sosial bisa membuat kamu mengurangi kecemasan tersebut, Genks!

3. Menghindari FOMO

FOMO atau Fear of Missing Out merupakan suatu ketakutan akan tertinggal dengan sesuatu yang baru. Saat kamu bermain di media sosial, dan melihat beberapa temanmu sedang berkumpul, kemungkinan rasa kecemasan akan ditinggalkan dapat muncul pada diri kamu. Kamu akan berfikir secara berlebihan, mengapa kamu tidak diikut sertakan dalam acara tersebut. Padahal ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Namun, kamu akan menduga-duganya sendiri yang membuat kamu mengalami Fear of Missing Out ini, Genks! 

Sebaliknya, saat kamu berpuasa dari media sosial kamu tidak akan merasa benar-benar ditinggalkan oleh teman-temanmu. Karena yang kamu lihat belum tentu yang sebenarnya juga terjadi. Kamu tetap merasa memiliki sahabat yang akan ada saat kamu membutuhkannya lewat telfon ataupun chat. Hmm… Gimana, Genks?

4. Memiliki lebih banyak waktu untuk hal lain

Berhenti sejenak dari media sosial bisa membuat kamu memiliki waktu yang lebih banyak untuk diri kamu sendiri. Mungkin saat kamu masih bermain di media sosial, kamu akan merasa itu merupakan satu-satunya hiburan yang bisa kamu peroleh. Coba bayangkan jika kamu break atau memutuskan untuk tidak mengakses media sosial selama beberapa waktu. Kamu akan mencari sumber hiburan lain seperti menjalani hobby ataupun berolahraga. 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu dapatkan jika kamu berhenti sejenak dari media sosial. Meskipun dari media sosial kamu bisa mendapatkan beragam informasi, tapi coba deh sekali-sekali lebih menikmati waktu dengan diri sendiri dan orang-orang sekitar kamu yang mungkin aja kurang dapat perhatian karena kita sibuk surfing di media sosial. Berani coba gak, Genks?

 

Share :
Baca Juga

Gemar Mengoleksi Sweater Rajut, Ikuti Tips Ini Untuk Mewaratnya…

DIY Masker Kain

Tips Berpakaian yang Bisa Bikin Kamu Lebih ‘Adem’ dan Chic di Bulan Puasa

Punya Tas Kanvas? Begini Cara Merawatnya!

Copyright © 2018 All Right Reserved
Lupa password ? klik disini
Nama Lengkap
Email
Password
Alamat Lengkap
Tempat, Tgl Lahir
I agree with term and conditions
Sudah punya akun, login disini
Sudah punya akun, login disini
Upload Foto
Upload Foto
Upload Struk
*) Max 230 Karakter, Sisa 230 Karakter